Jumat, 04 Juli 2008

RADIUS - Introduction part 2

Setelah kurang lebih 2 bulan bergelut dengan sistem RADIUS under windows EMERALD dari bulan AGUSTUS 2004, saya merasa tidak puas dengan sistem RADIUS under windows tersebut dikarenakan kurang begitu fleksibel dan susah sekali dilakukan pengembangan.

Oleh karena itu, saya coba beralih ke sistem RADIUS yang sifat open source. Berkat bantuan saya, saya diberitahu oleh senior ditempat kerja saya, yang biasa dipanggil dengan nama mas iyal, saya diberitahu untuk mempelajari RADIUS open source yakni FreeRadius.

Mulai bulan November 2004, saya mencoba mempelajari FreeRadius, ternyata tantangan cukup berat juga. Untuk belajar menginstall freeradius saja saya perlu waktu 3 hari ... maklum baru mempelajari linux juga... pada waktu itu saya menggunakan fedora versinya saya lupa. Setelah berhasil menginstallnya, saya akhirnya bingung sendiri karena yang saya hadapi adalah sistem yang perlu diconfigurasi sendiri.

Akhirnya saya membuat percobaan dengan peralatan sebagai berikut :
1. PC untuk RADIUS sistem atau disebut RADIUS server
2. PC untuk NAS (Network Access Server) yakni PC dengan terinstall software router mikrotik (24 jam sehari mati heheheh karena belum licence)

Dengan dua peralatan tersebut saya mulai belajar sistem RADIUS dengan open source FreeRadius.

Singkat cerita, saya mempunyai target untuk mengimplementasikan dan migrasi dari sistem RADIUS under windows ke sistem RADIUS berbasis open source (Linux) pada saat tahun baru yakni tanggal 1 Januari 2005. Dan alhamdulilah target itu tercapai, akhirnya saya bisa mengimplementasikan FreeRadius untuk akses internet dial up nasional 080988xxx.

Setelah itu saya kembali membuat beberapa produk untuk akses internet seperti akses internet via CDMA 2000 1x kerjasama dengan PT. Mobile-8, kemudian akses internet via ADSL bekerjasama dengan PT. Telkom.

Cukup menarik belajar FreeRadius dan masih banyak yang harus dipelajari di FreeRadius untuk :
1. Bandwidth management
2. IP Pool Management
3. Sistem Billing
4. Sistem Monitoring
5. Sistem Keamanan
6. DLL

Mari belajar FreeRadius ....

Tidak ada komentar: