Jumat, 04 Juli 2008

RADIUS - Introduction part 1

Berbicara mengenai RADIUS, saya teringat ketika pertama kali mengenal akses internet. Pada waktu itu tahun 2002, saya mencoba akses internet menggunakan akses internet dial up telkomnet instant. Saya berpikir pada waktu itu, bagaimana membuat sistem seperti itu.

Ketika saya mulai berkerja di tempat kerjaan yang pertama di salah satu ISP di Jakarta. Saya ditugaskan untuk mempelajari RADIUS sistem, dan pada waktu itu saya belum tahu apa itu namanya RADIUS. Kemudian saya di tugaskan mempelajari sistem RADIUS pada platform windows, mmmm... kalo tidak salah namanya EMERALD. Dan saya di targetkan 2 minggu untuk belajar sistem tersebut.

Mulai saya belajar apa itu RADIUS. lalu apa itu RADIUS?

RADIUS merupakan singkatan dari Remote Access Dial In User System. RADIUS merupakan suatu sistem yang mengimplementasi sistem AAA (Authentication Authorize Accounting), suatu sistem yang digunakan melakukan pengecekan terhadap keaslian dari user yang akan mengakses suatu sistem dan mendefinisikan sejauhmana hak akses yang diberikan dan kemudian mencatat penggunaan hak akses tersebut. Sistem AAA merupakan tulang punggung sistem authentikasi di internet.

RADIUS biasanya digunakan oleh penyelenggarakan jasa akses internet untuk digunakan sebagai sistem billing, sehingga setiap user yang menggunakan akses internet dapat diketahui penggunaan baik dalam hitungan time based maupun volumen based.

time based merupakan perhitungan berdasarkan waktu, sedangkan volume based merupakan perhitungan berdasarkan volume atau bit dari setiap paket yang lewat baik upload maupun download.

Dengan adanya RADIUS tersebut , ISP-ISP dapat membuat produk-produk dalam akses internet apakah itu produk unlimited, produk dalam time based atau produk dalam volume based.

RADIUS merupakan jawaban dari pertanyaan saya pada waktu 2002, bagaimana caranya membuat sistem seperti telkomnet instan.

Kita kembali ke cerita saya, dalam perjalanannya ketika saya belajar sistem RADIUS under windows yakni EMERALD, alhamdulillah saya bisa mempelajarinya dalam waktu 2 minggu. Dan sistem yang pertama kali dibuat itu adalah sistem akses internet dial up nasional dengan nomor akses 080988xxx. Dan hal ini membuat saya senang karena berhasil mengimplementasikan RADIUS sistem kedalam produk akses internet dial up nasional tersebut.

1 komentar:

needle mengatakan...

Deskripsi tentang radius bagus, bisa dipahami dengan mudah. Thanks atas usahanya mem-posting tulisan ini.